Loading...
Jumat, 21 Juni 2013

Cara Menghapus Malware Di Akun Facebook Anda



Kali ini saya akan mengulas cara menghapus Facebook Malware di komputer Anda. Malware yang distribusi di jaringan sosial tampaknya berubah menjadi trend yang terus berkembang.

Tutorial ini meliputi deskripsi pola yang paling umum dari propagasi malware di Facebook, dan memberikan tips tentang cara menghilangkan risiko untuk menikmati jejaring sosial sepenuhnya.

Penjahat dunia maya semakin benar-benar baik dalam hal menipu, sehingga Anda mengklik link ke aplikasi Facebook palsu seperti yang menjanjikan untuk menunjukkan dengan tepat siapa yang melihat profil Anda, yang tidak akan pernah terjadi dengan cara yang sebenarnya (hoax). Dan kemudian, apa yang terjadi adalah ketika Anda mengklik link tersebut (dan tergantung pada jenis penipuan itu), Anda bisa mendapatkan virus komputer atau spyware, password Anda dapat bahkan dicuri, lalu hacker dapat memeras uang dari Anda, atau Anda dapat berubah menjadi salah satu orang yang mengganggu dengan posting spam di dinding orang lain (spammer). Biasanya aplikasi semacam ini dihosting secara pribadi (bukan pada host Facebook) pada sebuah web server.

Bisa juga orang mendapatkan malware Facebook karena mereka tertarik pada pesan posting dinding spam atau grup. Jika Anda sedikit curiga pada link itu, jangan klik. Mungkin ada baiknya Anda laporkan ke Facebook bahwa postingan tersebut sebagai spam, dalam 'Post Laporan atau Spam', dan Facebook akan mengambil tindakan dari sana.

Anda juga dapat melakukan itu jika seseorang memposting spam seperti status mereka. Kadang-kadang akan terlihat seperti status normal yang mungkin mengatakan sesuatu seperti: "Apakah Anda sudah mendengar Facebook akhirnya mendapatkan 'Tombol Dislike'?", Dan kemudian akan ada link kecil di akhir status itu. Sekali lagi, jangan klik itu, terutama jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Banyak spammer akan memposting link diperpendek menggunakan layanan seperti bitly.com, sehingga Anda tidak dapat melihat URL sampai Anda klik link tersebut. Jadi jika Anda pernah melihat URL singkat semacam itu, pergi ke layanan seperti LongURL.org, copy link tadi dan paste di sana dan kemudian Anda akan mendapatkan preview aman link tersebut.

Dan kemudian, jika Anda menemukan bahwa itu adalah spam, membawa lebih dari sekedar postingan biasa, klik 'X' dan menandainya sebagai spam.

Pengaturan halaman App di mana Anda dapat menghapus aplikasi Facebook

Cara lain sehingga Anda mendapatkan masalah adalah jika Anda menginstal aplikasi berbahaya. Kadang-kadang Anda tidak tahu sampai terlambat dan aplikasi telah menggunakan akun Anda untuk mengirim spam ke orang lain atau menambahkan hal-hal aneh untuk profil Anda. Jika Anda berpikir Anda telah menginstal aplikasi yang buruk, masuk ke Facebook, klik tanda panah di sudut kanan atas dan pilih 'Pengaturan Akun' dari menu drop-down. Kemudian pada menu sebelah kiri pilih 'Apps' dan klik 'Edit' di sebelah aplikasi yang Anda gunakan. Sekarang Anda akhirnya berada di halaman di mana Anda dapat menghapus aplikasi. Cukup klik 'Hapus App' di samping setiap aplikasi yang ingin Anda hapus. Dan sementara Anda berada di halaman ini, Anda juga dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan karena mereka mungkin telah memiliki izin untuk mengakses informasi pribadi Anda.

Bahkan beberapa aplikasi meminta Anda untuk men-download perangkat lunak yang dapat menutupi akun Anda dengan iklan, menambah beban halaman Anda perlahan-lahan dan kompromi keamanan Anda. Ini disebut Adware. Untuk melihat daftar lengkap program Adware yang diketahui, kunjungi www.facebook.com/help/adware.

Ingat iklan Facebook tidak akan pernah muncul sebagai spanduk di pusat, kolom kiri atas atau di Facebook. Jika Anda melihat iklan di lokasi tersebut atau iklan yang berkedip atau memutar suara secara otomatis, Anda mungkin memiliki Adware di halaman Facebook Anda. Jika Anda telah men-download salah satu dari program ini, Anda dapat membersihkan akun Anda dengan menghapus plug-in mencurigakan di browser web Anda. Berikut adalah caranya:

  • Untuk menonaktifkan add-on di browser Mozilla Firefox, klik Tools => Add-ons => Ekstensi.
  • Jika Anda menggunakan Safari, klik Safari => Preferences => Extensions.
  • Dengan Google Windows, Chrome klik => Extensions.
  • Akhirnya, jika Anda menggunakan Internet Explorer, klik Tools => Manage Add-Ons => Toolbars dan Extensions.

Setelah Anda menuju ke halaman ekstensi, tinjau daftar plug-in dan menghapus apapun yang terlihat mencurigakan di sana.

Mengubah password di halaman Facebook

Sekarang, jika Adware tidak masalah lagi tetapi Anda masih mengamati beberapa kegiatan aneh mencurigakan lainnya dan Anda berpikir bahwa Anda mungkin memiliki malware, dan akun Facebook Anda telah di-hack , ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan.

Hal pertama, mengubah password Anda segera. Anda dapat melakukan ini dengan pergi ke 'Account Settings', kemudian pergi ke menu selanjutnya untuk edit password. Pastikan password baru yang Anda masukkan berbeda dari semua password Anda yang lain, karena jika hacker mencuri password Facebook Anda dan password juga bekerja untuk akun email Anda, ia dapat menggunakannya untuk masuk ke situ juga. Pergi ke www.passwordmeter.com untuk melihat apakah password yang Anda pilih cukup kuat. Sebuah password yang aman dan yang baik akan memiliki unsur huruf kapital dan huruf kecil, setidaknya satu nomor dan karakter khusus seperti tanda tanya.

Selanjutnya aktifkan Browsing Aman untuk perlindungan tambahan

Sementara Anda berada dalam 'Account Settings', jangan lupa untuk mengaktifkan 'Browsing Aman'. Aktifkan 'Browse Facebook pada pilihan koneksi aman (https) bila mungkin' sehingga pihak ketiga tidak dapat membajak sesi Facebook Anda.

Juga, dalam rangka mendapatkan pemberitahuan jika seseorang log ke akun Anda dari lokasi yang Facebook tidak diketahui, tekan 'Edit' di samping 'Login Pemberitahuan' dan mengaktifkan pilihan yang sesuai (aktifkan sesi login). Hal ini dianjurkan bagi Anda untuk mengetahui apakah seseorang log in ke account Anda tanpa Anda mengetahuinya.

Mengubah password Anda hanya perbaikan satu jenis hack. Jenis lainnya akan memungkinkan Anda menginstal malware seperti spyware atau virus pada komputer Anda. Apakah terpikir atau tidak bahwa Anda memiliki malware, Anda perlu memastikan itu dengan menginstal perangkat lunak antivirus. AVG atau Avira (free) sangat dianjurkan.

Juga, pastikan Anda memperbarui sistem operasi (OS) Anda. Microsoft dan Apple telah merilis keamanan update yang memperbaiki kerentanan dalam perangkat lunak Anda. Untuk Windows, pergi ke 'Start', kemudian ke 'Program' dan 'Windows Update'. Pada Mac, pergi ke menu Apple dan pilih 'Software Update'.

Sekarang bahwa perangkat lunak Anda sudah up-to-date, juga telah menghapus aplikasi buruk dan menetapkan akun Facebook dengan pengaturan privasi, kini Anda sudah jauh lebih aman. Saatnya melakukan kebaikan bagi semua orang dan meminta teman-teman Anda untuk melakukan hal yang sama seperti ini. Mungkin salah satunya adalah dengan cara membagikan artikel ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP